Riwayat Singkat

Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung (JTK-Polban) merupakan Politeknik pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan diploma di bidang Teknologi Informasi [TI]. Jurusan ini telah menyelenggarakan pendidikan D3 (diploma 3) bidang teknik komputer dan informatika selama kurang lebih 27 tahun. Dengan daya tampung sekitar 60-80 mahasiswa per tahun, sampai saat ini JTK telah menghasilkan lebih dari 2500 alumni, yang bekerja pada berbagai sektor industri baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain menjalankan pendidikan, JTK juga menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Teknologi Informasi. Sebagai Politeknik pertama yang menyelenggarakan pendidikan profesional bidang Teknologi Informasi, JTK-Polban selalu dijadikan tolok ukur dan telah banyak memberikan bantuan teknis/nonteknis kepada institusi lain, maupun kepada masyarakat pada umumnya. Beberapa aktivitas yang sering dilakukan di antaranya adalah pembinaan institusi, pelatihan bidang TI, konsultasi pemanfatan TI untuk menunjang kegiatan kerja, pengembangan sistem informasi dan lab/bengkel komputer layanan masyarakat.

JTK-Polban (dahulu bernama JTK Politeknik-ITB) berasal dari ITB (Institut Teknologi Bandung); yaitu bermula pada tahun 1977, di saat ITB mendirikan pendidikan D3 di bidang Teknologi Informasi yang bernama Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK). Beberapa peristiwa penting sejak terbentuknya JTK Politeknik-ITB :

 

  1. Tahun 1989, berdasarkan SK Rektor ITB No. 203/SK/PT07.H/1/1989, semua pendidikan diploma harus berada di bawah institusi Politeknik-ITB. Maka kemudian PAT-JPK ITB dialihkan ke Politeknik-ITB dan namanya menjadi Jurusan Teknik Komputer Politeknik-ITB (JTK Politeknik-ITB). Tahun 1998, berdasarkan SK Mendikbud, namanya menjadi Jurusan Teknik Komputer dan Informatika (JTKI). Namun karena telah demikian familiar, inisial jurusan tetap JTK-Polban danbukan JTKI-Polban.
  2. Tahun 1994 JTK mendirikan PATI (Pendidikan Aplikasi Teknologi Informatika). PATI kemudian menjadi kelas ekstension sore hari dan saat ini seluruhnya telah melebur ke dalam kelas reguler JTK.
  3. Tahun 1995 (sampai sekarang), berdasarkan SK Rektor ITB, dosen-dosen JTK diberi tugas untuk memberikan bantuan pengajaran kepada Jurusan Teknik Sistem Informatika STT Telkom Bandung.
  4. Tahun 1996, JTK membangun stasion radio paket untuk akses jaringan komputer/internet, untuk pemakaian internal di jurusan. Tahun 2001, JTK membangun backbone jaringan serat optik untuk memperlancar komunikasi se kampus Polban, dan terakhir JTK juga membangun stasiun internet waveLAN
  5. Tahun 1997, berdasarkan SK Mendikbud, Nama Politeknik-ITB menjadi Politeknik Negeri Bandung (Polban). Inisial JTK Politeknik-ITB menjadi JTK-Polban, dan sejak saat itu statusnya tidak di bawah ITB, tapi telah mandiri sebagai suatu Perguruan Tinggi Negeri yang langsung di bawah Dikti.
  6. Tahun 2000, JTK mulai mengembangkan Sistem Pendidikan dan Kurikulum Berbasis Kompetensi, antara lain dibutuhkan untuk mengantisipasi kebutuhan lapangan kerja yang profesional dan perkembangan Teknologi Informasi yang demikian pesat [lihat bagian 5].
  7. Tahun 2001, pengajuan proposal JTK disetujui oleh Dikti sehingga mendapat kepercayaan memperoleh dana hibah untuk Proyek Pengembangan Manajemen Pendidikan Tinggi (Development Undergraduate for Education – DUE-Like) sebesar 1,4 milyar untuk periode tahun 2001 – 2005.
  8. Tahun 2001 (sampai sekarang), beberapa dosen JTK diberi tugas oleh Dikti untuk menjadi asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  9. Tahun 2002 – 2005, berdasarkan SK Direktur Polban, JTK diberi tugas untuk memberikan bimbingan/bantuan dalam pembentukan dan pengelolaan Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Pos Bandung.
  10. Tahun 2005, pengajuan proposal JTK disetujui oleh Dikti sehingga mendapat kepercayaan memperoleh dana hibah kompetisi A3 sebesar 2,4 milyar untuk periode tahun 2006 – 2008.
  11. Tahun 2007 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN – PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi)
  12. Tahun 2009 mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2000 untuk proses belajar Mengajar

JTK telah berpengalaman lebih 20 tahun dalam menyelenggarakan kegiatan :
- pembinaan institusi
- pelatihan dalam bidang teknologi informasi
- konsultasi pengembangan sistem informasi,
- pengembangan sistem informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>